3M dalam TIK dan Perempuan Sebagai Agents of Change

Assalamualaikum, Sobat teknologi!
Iya, tentunya kita semua! Kok bisa? Yuk kita bahas selengkapnya!

Poster 3M dalam TIK dan Perempuan Sebagai Agents of Change, oleh Chintya Maulini

Secara istilah menurut Wikipedia, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akrab disebut Information and Communication Technology (ICT) dalam bahasa Inggris adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi dan komunikasi.

Sangat terasa, masa pandemi memaksa kita bergantung erat terhadap kecanggihan teknologi dan perkembangan zaman. Pembelajaran jarak jauh, bekerja dari rumah, hingga berbagai aktivitas kini dialihkan menggunakan video conference dan pemanfaatan media sosial. Sebagaimana yang umumnya kita sebut, sistem ‘daring’, selalu menemani hari-hari kita dalam beberapa waktu terakhir. Dengan begitu, langkah terbaik yang ada di depan kita adalah dengan 3M (Menyaring, Memanfaatkan, Memaksimalkan).

“Menyaring santan kelapa untuk dimasak sebagai menu berbuka puasa, Kak?” sahut seseorang. Eits! Jadi laper, nih. Menyaring dalam topik ini adalah menolak hoaks dan misinformasi, dan memperbanyak literasi. Sebagai anak muda dan perempuan, Agents of Change adalah sebuah kewajiban. Apalagi, takjarang sebagai perempuan, kita disebut sebagai sosok baper-an(bawa perasaan). Maka, inilah kesempatan kita untuk mengelola perasaan dan menyampaikan informasi sebenar-benarnya. Perasaan kita juga dapat disalurkan dalam projek kebaikan, seperti poster interaktif komunikatif, publikasi blog dan vlog kreatif, postingan inspiratif, bahkan dengan saling mengingatkan melalui cerita masing-masing aplikasi media (instastory, story WhatsApp, dan lainnya)

Mengingat begitu pentingnya keberadaan teknologi dan informasi dalam kehidupan berkelanjutan, maka kaum perempuan memiliki peranan penting dalam berkarya dan berekspresi, baik dalam media sosial, situs, ataupun dalam suatu wadah. Perempuan-perempuan ini pula yang nantinya menentukan SDM masa depan, karena mereka akan mendidik anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa kelak.

Lanjut, yuk! M selanjutnya adalah memanfaatkan! Eits, bukan dalam artian yang negatif, yak! Keterbatasan dalam masa pandemi tentu tidak boleh menekan semangat anak muda dan perempuan negeri, justru inilah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan untuk berkarya dan berbagi kebaikan. Kita semua bersyukur karena dapat mengakses media sosial bahkan terhubung ke seluruh bagian dunia, hanya dengan menggenggam ponsel saja. Jika berkomunikasi melalui surat menyurat, tentu akan memakan waktu sangat lama. Maka, lagi dan lagi, kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menebar dan mengajak kebaikan, bisa dalam bentuk desain, sastra, bahasa, maupun ilmu pengetahuan dan sosial. Tidak hanya dalam lingkup sekolah, tetapi ikut aktif dalam kegiatan masyarakat pula.

“Memaksimalkan segala proses kebaikan adalah langkah menuju mega kebermanfaatan.”
-Chintya Maulini.

Kutipan tersebut berkaitan dengan M ketiga, yaitu Memaksimalkan. Dokter-dokter dan ilmuwan dapat membagikan ilmunya dalam rangka pengendalian pandemi dan pola hidup sehat, tentu dengan memaksimalkan teknologi canggih masa kini. Hanya dari rumah masing-masing, kita dapat mengakses berbagai informasi. Para pelajar juga memiliki kewajiban untuk terus meng-upgrade diri dan pengetahuan, baik dalam akademik maupun non-akademik, baik dalam perlombaan dan pelatihan maupun olimpiade hingga ke negeri orang. Tentunya pemaksimalan tersebut dapat membawa nama baik bumi pertiwi, daerah, dan keluarga tercinta.

Perempuan dan anak muda, the Young Today is the Leader Tomorrow. Teknologi dan Informasi Komunikasi di sekitar kita, cangkupan besar yang sangat dibutuhkan dalam memproses pencapaian. Kita bisa, harus semangat!

3M dalam ICT dan Perempuan sebagai Agents of Change, kita bisa!
Learn Today, Lead Tomorrow!

-Chintya Maulini

Diterbitkan oleh Chintya Maulini

Penulis buku MY CLOUD, aktivis, dan pelajar yang masih dalam proses belajarnya

One thought on “3M dalam TIK dan Perempuan Sebagai Agents of Change

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: